Senin, 08 Desember 2014

Kebiasaan Gaya Hidup Terburuk



 
       Untuk artikel yang satu ini saya harus siap diserang oleh para perokok. Merokok merupakan salah satu kebiasaan atau gaya hidup yang paling buruk. Banyak dampak negatif yang akan membahayakan kesehatan, sudah jelas dalam kemasannya pun tertulis label peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin para konsumen masih saja belum sadar.
       Kecanduan juga merupakan alasan lain yang menyebabkan merokok itu hal terburuk dan banyak yang tidak dapat melewatkan satu hari saja tanpa mengonsumsinya. Orang yang merokok memiliki warna kulit keabu-abuan yang khas. Mengapa demikian? Pembuluh-pembuluh darah kapiler menyempit serta mencegah oksigen dan nutrisi disebarkan ke sel-sel, hasil pembuangan dan pembusukan juga tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Dengan kata lain perubahan warna tersebut adalah akibat racun yang terakumulasi dalam sel-sel kulit.
       Jika membicarakan bahaya merokok, biasanya hanya terfokus pada tar yang menumpuk di paru-paru. Namun, salah satu hal yang juga sama serius dan berbahaya bagi tubuh adalah penyempitan pembuluh darah kapiler diseluruh tubuh. Jika cairan tidak dapat mengalir, nutrisi yang dibawa dalam cairan tersebut juga tidak dapat mencapai beberapa bagian tubuh. Terlebih lagi, sisa hasil pembuangan yang seharusnya diekskresikan, tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Sebagai akibatnya, hasil pembuangan menumpuk dan membusuk, serta menghasilkan racun. Warna kehitaman yang muncul dikulit memang mudah dilihat, tetapi pada kenyataannya, hal yang sama juga terjadi di dalam tubuh, terutama pada bagian-bagian yang terhubung pada ujung-ujung pembuluh kapiler.
       Tembakau juga menimbulkan sejumlah besar radikal bebas dalam tubuh. Dan yang menetralisir radikal bebas itu adalah zat antioksidan SOD dan enzim-enzim antioksidan seperti katalase, glutation, dan peroksidase. Telah diketahui secara umum bahwa juka sering merokok, sejumlah vitamin C menjadi hancur karena vitamin C adalah salah satu zat antioksidan.
       Salah satu dosen saya pernah berkata, ‘merokok itu pembunuhan berencana’. Walaupun usia manusia sudah ada ketentuannya, namun tetap tubuh ini harus dijaga dan dikembalikan kepada-Nya dengan baik. Jadi mulailah cintai diri sendiri dengan menjaga kesehatan.


Sumber:
Sinya, Hiromi. 2013. The Mirecle of Enzym. Bandung: Qanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar